Atasi Panas dengan Gaya : Ini dia Bahan Baju yang Adem di Kulit

Cuaca panas dan teriknya sinar matahari, membuat badan cepat gerah dan berkeringat. Nah,  untuk membuat kamu tetap nyaman dan terasa adem saat berpakaian. Kamu bisa memilih produk fashion dengan bahan kain tertentu yang memiliki sifat adem saat terkena kulit. 

Perlu kamu tahu, jika berbagai pilihan bahan pakaian dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat kenyamanan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis bahan baju yang sifatnya yang mampu menjaga tubuh tetap sejuk di tengah cuaca panas. Simak apa saja daftarnya!

1. Katun atau Cotton Combed

Source : Bikin Konveksi

Kain katun adalah pilihan yang paling umum dan populer ketika datang ke bahan pakaian yang adem. Serat katun sangat baik dalam menyerap keringat dan memungkinkan udara beredar di antara serat-seratnya. Sangat cocok bagi negara beriklim tropis dan merupakan pilihan yang sempurna untuk busana sehari-hari. 

2. Linen 

Source : Kanda Fabrics

Linen terbuat dari serat tenunan rami yang biasanya digunakan sebagai bahan sprei. Selain ringan, bahan kain linen juga ringan dan memiliki daya serap yang tinggi. Sehingga cocok digunakan sebagai bahan kain busana musim panas. 

Nah, kamu bisa menggunakan bahan linen ini untuk membuat baju kemeja, dress santai atau blouse untuk kesan yang casual namun modis. 

3. Bamboo 

Source : Abyad Apparel Pro

Populer dengan sifatnya yang ramah lingkungan dan mudah terurai. Siapa sangka jika bahan kain ini juga bersifat adem di kulit. Ia mampu menyerap kelembaban dan mengatur suhu. Serta memiliki sifat antibakteri alami dan menjadikan pakaian tetap segar dan bebas bau. Sangat tepat untuk kamu yang ingin pakaian yang nyaman dan adem. 

4. Rayon atau Viscose 

Source : Pinterest

Rayon atau viscose adalah bahan yang terbuat dari serat alami seperti kayu atau bambu yang melalui proses pengolahan kimia. Bahan viscose memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik dan memberikan tampilan yang mirip dengan sutera. Viscose sangat lembut di kulit dan nyaman digunakan dalam berbagai jenis pakaian, baik yang santai maupun formal. Namun, viscose dapat cenderung kusut dan memerlukan perlakuan khusus saat mencuci.

Baca juga : 5 Model Gaya Rambut Pria yang Jadi Tren di Tahun 2023

5. Katun Silk

Source : Carousell

Katun silk atau cotton silk merupakan bahan yang menggabungkan antara kelembutan katun dengan kilau dan tekstur yang mirip dengan sutera. Memberikan tampilan yang formal dan mewah bagi pemakainya. Bahan kain satu ini sebenarnya merupakan campuran serat katun dan serat sutera. 

Akan tetapi saat mencucinya perhatikan dengan penuh cara-caranya. Sebab, kain katun silk lebih rentan rusak dan memerlukan perawatan khusus. 

6. Sutera

Source : Pop Bela

Sutera adalah bahan mewah yang terbuat dari serat alami yang dihasilkan oleh ulat sutera. Bahan ini dikenal karena kilauannya yang khas dan tekstur yang lembut. Sutera memiliki kemampuan mengatur suhu dan sangat nyaman di kulit, membuatnya ideal untuk busana formal, seperti gaun malam atau pakaian pernikahan.

Baca juga : 4 Gaya Berpakaian Pria yang Disukai Wanita

7. Jersey

Source : Blue Garment

Jersey adalah bahan rajutan yang sering digunakan untuk pakaian yang nyaman dan elastis. Bahan ini biasanya terbuat dari katun atau campuran serat sintetis. Jersey memiliki kelembutan yang menawan dan memberikan kenyamanan ekstra, serta memiliki kemampuan untuk meregang sesuai dengan gerakan tubuh. 

Bahan kain ini cenderung tipis dan sedikit transparan. Juga memiliki tekstur licin dan terlihat mengkilap. 

Nah, itulah dia berbagai daftar bahan baju yang adem yang bisa kamu jadikan pakaian musim panas hingga sehari-hari. Semoga membantu kamu!

Penulis : Alfianita Karismawati