8 Istilah Fashion yang Populer Beserta Artinya yang Perlu Kamu Ketahui

Ini dia beberapa istilah fashion yang sering muncul namun jarang diketahui artinya!

Source: Versace

Jika kamu sering membaca atau menonton sesuatu yang terkait dengan fashion, beberapa istilah ini tidak jarang untuk ditemukan. Sebagaimana telah diketahui bersama, banyak sekali istilah mode yang kita pakai berasal dari bahasa asing, khususnya Bahasa Prancis atau Inggris. Agar pengetahuanmu semakin luas di bidang mode, ini dia beberapa istilah fashion populer namun masih jarang diketahui artinya oleh banyak orang!

Haute Couture

Cara melafalkan: [/ōt ko͞oˈto͝or/]

Sebenarnya, Bahasa Indonesia sudah memiliki padanan kata untuk istilah yang satu ini, yakni Adibusana. Lalu, apa pengertiannya? Haute Couture adalah sebuah supremasi fashion atau level rancangan busana tingkat tinggi. Tidak semua orang memiliki privilege untuk memakainya. Penggarapan sebuah Haute Couture dilakukan secara manual, termasuk semua detailnya. Ribuan payet, mutiara, atau feather yang terpasang pada Haute Couture dilakukan secara manual. Kemudian Haute Couture memerlukan konsep, inovasi dan ribuan jam kerja untuk mewujudkannya secara nyata di atas panggung. Jadi hal inilah yang membuat sebuah Haute Couture begitu spesial.

Semua detail yang terlihat ini dipasang secara manual. [Source: Pinterest]

Capsule Wardrobe

Istilah capsule wardrobe pertama kali dicetuskan oleh seorang pemilik butik asal Inggris pada era 1970-an bernama Susie Faux. Istilah ini ditujukan untuk pakaian-pakaian esensial yang tak lekang oleh zaman dari segi desain, fungsi, dan konstruksinya, seperti rok, celana, dan coat. Tujuan lain dari capsule wardrobe adalah agar kamu dapat tampil stylish hanya dengan memadu-padan pakaian yang masuk ke dalam daftar capsule wardrobe ini. Life will be so much easier, right?

Avant-garde

Cara melafalkan: [avɑ̃ɡaʁd]

Jika kamu pernah menyaksikan film Hunger Games, pasti gaya busana unik para penduduk di Capitol sudah tidak asing lagi, bukan? Gaya seperti itulah yang disebut dengan avant-garde fashion. Busana avant-garde, dapat dikatakan, menembus batasan konvensional fashion dan menciptakan bentuknya sendiri dan dipandang eksentrik dan tidak applicable oleh orang awam. Singkatnya, avant-garde dapat diartikan sebagai bentuk perlawanan terhadap batas-batas yang diterima sebagai norma dalam suatu kebudayaan. Salah satu selebriti yang terkenal dengan gaya eksentrik seperti ini adalah Lady Gaga. Kostumnya yang terbuat dari daging pasti tidak ada yang dapat melupakannya, bukan?

Source: StyleBlazer

Fashion Faux Pas

Kata faux pas dalam Bahasa Prancis sendiri berarti ‘melenceng’ yang dapat digunakan untuk kebiasaan atau aturan. Lalu, apa itu Fashion Faux Pas? Secara singkat, arti kata tersebut dalam istilah fashion berarti saat seseorang yang penampilannya tidak sesuai dengan dress code atau dengan tren yang sedang ada saat itu. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh Louis XIV pada abad 17. What a long-live fashion term!

Ini dia contoh selebriti yang mengalami Fashion Faux Pas. Source: Huffington Post UK

Fashion Du Jour

Kamu pasti sudah dapat menebak dari mana asal kata ini. Secara literal, du jour berarti of the day dalam Bahasa Inggris. Jadi, cukup jelas bahwa yang dimaksud dari Fashion Du Jour adalah gaya berpakaian yang sedang menjadi tren pada saat itu.

Fashion Editrix

Kata editrix merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris yakni Editor dan Dominatrix. Jadi, yang dimaksud dengan Fashion Editrix adalah perempuan yang bekerja sebagai editor majalah fashion yang dominan. Biasanya yang mendapatkan julukan ini adalah para pimipinan senior. Contoh dekat sosok yang dijuluki istilah ini adalah, the one and only, Anna Wintour yang menjabat sebagai Editor-in-Chief majalah Vogue USA sejak tahun 1988. Jika seseorang mendapat julukan ini, biasanya pendapatnya terkait fashion dan tren akan menjadi perhatian khusus bagi para desainer.

Source: Business Insider

Prêt-à-Porter

Cara melafalkan: [/ˌprɛt ɑː pɔːrˈteɪ/]

Nama lain Prêt-à-Porter yang mungkin kamu lebih familiar ketika mendengarnya adalah Ready To Wear (RTW). Mayoritas koleksi pakaian yang ditemui di butik atau retail adalah busana Ready To Wear. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan koleksi sebuah label yang diproduksi massal dan tersedia dalam berbagai macam ukuran berstandar internasional (seperti S, M, L, XL, dll) dan tersedia di toko-toko dalam jumlah yang banyak. Itulah yang dimaksud dengan Prêt-à-Porter.

Source: Arc Street Journal

Edgy

Dalam dunia fashion, dalam beberapa tahun terakhir ini kamu sering mendengar kata ‘edgy’ ketika mendeskripsikan gaya seseorang. Lalu apa sih yang dimaksud dengan edgy? Secara sederhana, gaya berpakaian edgy adalah sesuatu yang out of the box alias tidak biasa.

Itu dia istilah fashion yang sering muncul namun masih sedikit yang paham betul definisinya. Kini kamu tahu, kan, maksud dari ketujuh istilah tersebut? Apakah ada istilah fashion populer lain yang kami lewatkan? Please share in the comment section!