5 Cara Mengetahui Ukuran Celana Pria

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Celana merupakan salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh setiap pria. Celana bisa digunakan untuk berbagai macam acara, mulai dari acara formal hingga acara kasual dan bisa di mix n match dengan berbagai macam atasan (t-shirt, shirt/blouse, dll)

Saat membeli celana, pastinya penting untuk memilih ukuran yang tepat dan nyaman karena beda halnya dengan membeli baju pria, ternyata menentukan ukuran celana pria membutuhkan perhatian lebih. Berbeda dengan ukuran baju, celana pria perlu mengetahui terlebih dahulu nomor ukuran celana berdasarkan jenisnya.

Selain itu, umumnya celana memiliki label tertentu seperti regular atau slim-fit yang disesuaikan dengan bentuk tubuh. 

Baca juga : Ketahui Ragam Ukuran Celana Wanita

Tabel Ukuran Celana Pria

Berbagai macam celana memiliki tabel ukuran yang berbeda-beda. Walau nomornya sama, bisa saja ukuran asli celana tidak sama. Tabel ukuran biasa di Indonesia mematokan size US.

Berikut standar ukuran celana jeans pria yang perlu diketahui. 

Untuk membaca label ukuran celana pria, biasanya berpatokan pada ukuran celana Amerika Serikat (US). Misalnya, ukuran celana 25×26. Angka pertama berarti ukuran pinggang sementara angka kedua merupakan ukuran panjang.

Tapi, karena ukuran tersebut merupakan pengukuran celana luar negeri, kalian harus mengingat kalau bilangannya menggunakan inci bukan sentimeter. Jadi, ukuran 25×26 berarti dibaca ukuran pinggang 25 inci dengan ukuran panjang 26 inci. 

Itulah cara menentukan dan membaca ukuran celana pria yang perlu diperhatikan supaya kamu tidak lagi salah membeli celana.

Tips Memilih Ukuran Celana Pria

1. Lihat label ukuran

Label ukuran biasanya terletak di bagian dalam celana, di dekat pinggang. Label ukuran akan menunjukkan ukuran pinggang dan panjang celana. Pastikan kamu pilih ukuran yang sesuai dengan kamu

2. Perhatikan ukuran pinggang

Pertama, Pilihlah celana yang pas di pinggang. Celana yang pas di pinggang akan membuatmu merasa nyaman dan terlihat lebih rapi. Ukuran pinggang adalah ukuran yang paling penting saat memilih celana, biasanya dinyatakan dalam inci atau sentimeter.

Baca juga : OOTD Celana Cargo Wanita, Boyish yang Stylish

3. Perhatikan ukuran panjang celana

Pilihlah celana yang memiliki panjang yang sesuai. Jangan sampai salah pilih panjang celana karena celana yang memiliki panjang yang sesuai akan membuatmu terlihat lebih proporsional. Cari tahu terlebih dahulu ukuran panjang celana. Caranya dengan mengukur panjang dari pinggang hingga ujung celana. Pastikan ukuran panjang celanamu cocok dengan tinggi badanmu. Agar nyaman dipakai dan tak menggantung

4. Gunakan penggaris

Jika kamu tidak yakin dengan ukuran pinggang atau panjang celana, kamu bisa menggunakan penggaris untuk mengukurnya. Selain penggaris, kamu juga bisa coba dengan meteran.

5. Coba celana sebelum membeli

Cara terbaik untuk memastikan bahwa celana yang kamu beli memiliki ukuran yang tepat adalah dengan mencobanya. Jika beli di toko, pastikan kamu coba terlebih dahulu di fitting room. Namun, bila kamu beli online, pastikan beli celana di tempat yang bisa tuker size bila tidak muat.

Hindari celana yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Celana yang terlalu ketat akan membuatmu merasa tidak nyaman dan bahkan bisa merusak bentuk kakimu. Celana yang terlalu longgar juga akan membuatmu terlihat kurang rapi. Selalu pastikan untuk memilih celana sesuai dengan preferensi kamu.

Baa juga : 5 Rekomendasi Brand Celana Dalam Pria Terbaik

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa memilih ukuran celana pria yang tepat. Celana yang tepat akan membuat penampilanmu terlihat lebih stylish dan rapi. Temukan celana pria dari berbagai macam brand dan affordable hanya di ZALORA!

Dapatkan berbagai produk pakaian berkualitas dan elegan dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika