Pemakaian Atribut Pramuka dan Pemasangannya, Lengkap!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Seragam pramuka yang biasa kita pakai sejak duduk di bangku sekolah dasar sampai jenjang SMA itu punya ciri khas tersendiri loh! Pakai atribut pramuka itu penting banget karena tiap elemen punya makna dan fungsi sendiri. Selain bikin seragam jadi lengkap, atribut ini juga melambangkan identitas dan nilai-nilai yang dijunjung dalam pramuka. 

Setiap atribut punya aturan pemakaian tersendiri. Mau tahu atribut apa aja yang biasa dipakai atau dipasang pada seragam pramuka? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang apa saja atribut pramuka yang biasanya dipakai dan pemakaiannya berikut ini!

Baca juga : Apa Aja Sih Tingkatan Sabuk Taekwondo?

Pemakaian Atribut Pramuka 

1. Pramuka Siaga

Pemasangan atribut pada seragam pramuka siaga sebagai berikut:

  1. Tanda Tutup Kepala: Untuk putri berbentuk lingkaran dan jajargenjang untuk putra dengan warna dasar hijau yang dipasang di topi pramuka bagian depan.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang di kerah baju sebelah kanan. Sedangkan, untuk putra berbentuk persegi yang dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan: Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama: Berwarna dasar coklat muda yang dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi Kwarcab: Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju sebelah kanan paling atas.
  6. Tanda Gugus depan: Memuat nomor gugus depan dimana anggota pramuka bergabung. Dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. 
  7. Lencana / Badge Daerah: Memuat lambang kwartir daerah dimana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga: Berbentuk segitiga terbalik yang dipasang pada lengan baju sebelah kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lebih dari lima, maka yang lainnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.
  9. Tanda Jabatan: Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Barung: Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama burungnya yang dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga: Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

2. Pramuka Penggalang

Source: MTS Al-Fatimiyah

Bentuk dan tata cara pemasangan atribut untuk pramuka penggalang sebagai berikut:

  1. Tanda Tutup Kepala: Berbentuk lingkaran untuk putri dan segi delapan untuk putra dengan warna dasar merah. Pada putri dipasang di topi pramuka bagian depan, sedangkan untuk putra di samping kiri kabaret pramuka.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang di kerah baju sebelah kanan. Sedangkan, untuk putra berbentuk persegi yang dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan: Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama: Berwarna dasar coklat muda yang dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi Kwarcab: Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal yang dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.
  6. Tanda Gugus depan: Memuat nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung. Dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. 
  7. Lencana / Badge Daerah: Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang: Terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatan TKK, yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lebih dari lima, selebihnya dipasang di tetampan TKK.
  9. Tanda Jabatan: Terdiri atas tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu dengan bentuk balok berwarna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Regu: Berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regunya yang dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang: Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda regu.
  12. Pramuka Penegak dan Pandega

Tata Cara Pemasangan Atribut Pramuka

Bentuk dan tata cara pemasangan atribut untuk pramuka penegak dan pandega sebagai berikut:

  1. Tanda Tutup Kepala: Berbentuk lingkaran (putri) dan segi delapan (putra) dengan warna dasar kuning. Pada pramuka putri dipasang di topi pramuka bagian depan, sedangkan untuk untuk putra di samping kiri kabaret pramuka.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang di kerah baju sebelah kanan. Sedangkan, untuk putra berbentuk persegi yang dipasang di dada sebelah kanan, tepat di atas papan nama.
  3. Tanda Kecakapan Umum (TKU) penegak dan pandega: Berbentuk trapesium dengan gambar sepasang tunas kelapa dan tulisan BANTARA, LAKSANA, atau PANDEGA. Dipasang di pundak dengan dilekatkan pada lidah baju kanan dan kiri. 
  4. Tanda Pelantikan: Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri pada lipatan saku baju.
  5. Papan Nama: Berwarna dasar coklat muda yang dipasang di dada sebelah kanan. Untuk putra tepat di antara saku baju dan tanda pandu dunia (WOSM).
  6. Tanda Lokasi Kwarcab: Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal yang dipasang di lengan baju sebelah kanan paling atas. Khusus penegak dan pandega yang menjadi Dewan Kerja Daerah (DKD) dan Dewan Kerja Nasional (DKN) tidak mengenakan tanda ini.
  7. Tanda Gugus depan: Memuat nomor gugus depan dimana anggota pramuka bergabung. Dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Khusus untuk pramuka penegak dan pandega yang menjadi dewan kerja (DKC, DKD, atau DKN) tidak memakai tanda ini.
  8. Lencana Wilayah / Badge Daerah: Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep. Khusus penegak dan pandega yang menjadi Dewan Kerja Nasional, lencana wilayah yang dikenakan berupa gambar garuda pancasila dengan tulisan “INDONESIA”. 
  9. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penegak dan pandega: Terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatan TKK yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Dipasang pada lengan baju sebelah kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan TKK.
  10. Tanda Jabatan: Terdiri atas tanda Pradana, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga, dengan bentuk balok berwarna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Serta, lencana Dewan Kerja yang dipasang di dada sebelah kanan, pada pramuka putra tepat di lipatan pada saku baju.
  11. Tanda Sangga: Berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama sangganya yang dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas (di atas tanda ambalan)
  12. Tanda Ambalan: Bentuk dan warna sesuai ketentuan ambalan masing-masing yang dipasang di lengan baju sebelah kiri tepat di bawah tanda sangga.

Selain itu, pramuka penggalang bisa juga memasang tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana dan tanda pramuka garuda, serta tanda perhargaan lainnya pada seragam pramuka. Lencana pramuka garuda dikalungkan di leher dengan setangan leher pramuka.

Tanda pramuka garuda dan tanda penghargaan dikenakan di dada baju sebelah kiri, di atas lipatan baju. Sedangkan, tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dipasang sesuai dengan ketentuan tiska tersebut.

Baca juga : Rekomendasi Sepatu Homyped : Nyaman Dipakai Kemanapun

Rekomendasi Sepatu Sekolah Anak

Source: Zalora

Sepatu anak Homyped Accord BTS Series ini merupakan model terbaru yang kuat dan trendy. Sepatu yang bisa dipakai oleh anak laki-laki dan perempuan ini sangat nyaman dan ringan untuk menemani kegiatan sehari-hari, termasuk di sekolah.

Menggunakan tali elastis dan strap velcro yang memudahkan pemakaian. Superlite Phylon Sole yang dibuat dari bahan compound khusus dan menghasilkan outsole yang sangat empuk dan nyaman.

Baca juga : Rekomendasi Baju Renang Anak, Menggemaskan dan Nyaman

Itulah ketentuan atribut pramuka yang perlu kamu perhatikan. 

Mau cari berbagai koleksi sepatu yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama