Cara Mudah Membuat Gelang dari Tali

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Siapa nih yang suka pakai aksesoris gelang yang lucu-lucu? Tak hanya cewek aja lho, para cowok biasanya juga suka memakai gelang yang simple, seperti gelang dari tali. Gelang tali bisa dibuat dengan membuat pola-pola tertentu yang membuat gelang menjadi unik dan menarik.

Tahu nggak sih, ZALORAns bisa banget lho bikin gelang dari tali sendiri di rumah! Kalau ZALORAns pengen tahu caranya, ZALORA udah siapin beberapa cara membuat gelang dari tali yang mudah untuk kamu ikuti. Yuk, simak tutorialnya berikut ini!

Sebelumnya, ketahui beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat gelang dari tali dibawah ini!

Baca juga : 5 Rekomendasi Model Gelang Hitam yang Stylish dan Elegan

Tips Membuat Gelang dari Tali

  1. Pilihlah tali yang tidak licin, karena simpul yang dibuat akan lebih mudah terlepas jika menggunakan tali yang licin. Sehingga, untuk pemula sebaiknya menggunakan tali yang tidak licin.
  2. Siapkan tali dengan ukuran yang lebih panjang dari panjang gelang yang dibutuhkan.
  3. Jangan ragu untuk menggunakan beraneka warna dan hiasan. ZALORAns dapat menggabungkan warna yang berbeda atau menambahkan hiasan seperti mutiara atau beads. Untuk memberikan aksen pemanis pada gelang agar gelang lebih menarik.
  4. Gunakan perekat untuk mencegah tali terbuka di ujung gelang agar lebih rapi. 
  5. Pelajari ikatan-ikatan dasar seperti ikatan slipknot, friendship knot, dan square knot untuk membuat gelang dengan berbagai variasi.
  6. Pelajari tutorial membuat gelang dari tali di internet atau buku-buku untuk mendapatkan inspirasi desain yang unik dan beragam.
  7. Bersabar dan rajin berlatih agar terbiasa membuat gelang dari tali dan bisa menghasilkan karya yang bagus. 

Tutorial Cara Membuat Gelang dari Tali

1. Cara Membuat Gelang dari Tali Kur

Bahan-Bahan:

  • 2 tali kur berbeda warna
  • Selotip
  • Gunting
  • Korek api

Cara Membuat:

  • Potong kedua tali yang telah disiapkan menjadi ukuran yang sama panjang. Lalu buat simpul di ⅓ bagian salah satu tali.
  • Masukkan tali warna lainnya pada simpul tali yang pertama, lalu buat simpul mati.
  • Buat simpul tali seperti angka 8.
  • Pegang masing-masing tali dengan kedua tangan dan arahkan tali kanan ke kiri melewati sisi depan tali yang sejajar. 
  • Masukkan tali kiri ke dalam lubang kanan melewati belakang tali yang sejajar. Lanjutkan cara tersebut sampai tali habis.
  • Gabungkan dua tali dengan memasukkannya ke dalam tali sejajar pada lubang kecil yang berada di ujung simpul tersebut. 
  • Jika ada sisa tali, potong tali dan bakar sedikit dengan korek api agar lebih rapi.
  • Gelang sudah selesai dan siap dipakai.

2. Cara Membuat Gelang dari Tali Kulit

Bahan-Bahan:

  • 3 tali kulit atau beludru berwarna 
  • 3 kawat cincin
  • 2 kawat ikat penjepit
  • 1 kunci gelang

Cara Membuat:

  • Siapkan tali dengan ukuran yang sama.
  • Satukan menggunakan kawat penjepit dan eratkan dengan tang.
  • Pasang satu kawat cincin pada ujungnya.
  • Pasang kunci gelang dan eratkan lagi menggunakan tang.
  • Kepang tali dengan rapi hingga ujung tali habis. 
  • Satukan ujungnya dan eratkan menggunakan kawat penjepit. 
  • Pasang kawat cincin.
  • Buat hiasan gelang dengan sisa tali. 
  • Gelang sudah siap dipakai.

Baca juga : 7 Rekomendasi Model Gelang Mutiara, Simple dan Elegan!

Rekomendasi Gelang Tali Cantik

1. Gelang Tali Serut Chain by Istana Accessories

Source: Zalora

Pilihan gelang tali yang satu ini memiliki desain yang stylish dan simple. Apalagi terdapat detail chain pada bagian tengahnya yang membuat gelang ini lebih menarik. Talinya bisa di serut untuk menyesuaikan dengan ukuran tanganmu. Sehingga, bakal nyaman dipakai untuk daily.

2. TuTu and Co. Gelang Tali Zodiak Gemini

Source: Zalora

Siapa nih yang berzodiak Gemini? ZALORAns bisa banget nih pakai gelang tali yang satu ini! Pas banget buat kamu yang berzodiak Gemini, karena gelang ini dipercantik dengan charm simbol Gemini nih! Menarik bukan? Dibuat dengan warna putih yang tampak clean saat dipakai. Eits, buat kamu yang berzodiak lain jangan khawatir! Karena Tutu and Co juga punya koleksi gelang dengan charm zodiak lengkap! Jadi, bisa kamu sesuaikan dengan zodiakmu! 

Gelang yang satu ini terbuat dari bahan polyester wax cord yang anti air. Sedangkan, untuk charmnya terbuat dari bahan stainless steel

3. TuTu and Co. Gelang Tali Braided Militia

Source: Zalora

Berikutnya masih dari koleksi Tutu and Co nih! Gelang yang satu ini dibuat dengan banyak perpaduan pilihan warna yang bisa kamu pilih lho! Gelang bernuansa three tone ini didesain dengan braids strap dan terbuat dari bahan polyester wax cord yang anti air.

Kombinasi warnanya pun sangat menarik dan nggak ngebosenin lho! ZALORAns bisa banget kembaran gelang bersama teman-temanmu dengan warna yang berbeda-beda!

Baca juga : 5 Rekomendasi Gelang Kaki Desain Cantik untuk Wanita

4. TuTu and Co. Gelang Tali Original Valiant

Source: Zalora

Kalau sebelumnya Tutu and Co punya koleksi gelang dengan tiga tone warna yang berbeda, kali ini Tutu and Co juga punya nih koleksi gelang tali dengan 4 tone warna! Gelang dengan desain four tone ini cukup simple dan bisa banget dipakai para cowok lho! Banyak perpaduan pilihan warna tali yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan seleramu!

5. Gelang Bracelet Chain Perak Silver Bali Asli Spiral Double Anyam

Source: Zalora

Kusuma Silver merupakan pengrajin produk perhiasan perak Bali asli 925. Seperti koleksi gelangnya yang satu ini nih! Gelang ini begitu unik dan dibuat handmade. Cocok banget nih untuk koleksi aksesoris maupun sebagai hadiah untuk orang terkasih.

Edisi terbatas dari Kusuma Silver dengan model baru dan elegan, sehingga dapat menunjang penampilan dan kepercayaan dirimu. Didesain untuk bisa dipakai dalam berbagai acara.

6. TuTu and Co. Gelang Tali Fuerte

Source: Zalora

Kalau ZALORAns suka pakai gelang tali dengan charm yang unik-unik, gelang yang satu ini cocok untukmu! Tak hanya charm dengan detail tengkorak saja, tapi masih banyak lagi bentuk charm menarik lainnya yang bisa ZALORAns pilih!

Tentunya dengan pilihan warna-warna tali yang berbeda tiap koleksinya.

7. TuTu and Co. Gelang Tali Koi

Source: Zalora

Kali ini ZALORAns bakal dapetin 3 pcs gelang bergaya kasual dengan pilihan warna yang berbeda-beda. Dengan desain yang simple, membuatnya cocok dipakai untuk minimalist chic look, baik untuk pria maupun wanita. Gelang ini juga bisa diadjust talinya untuk disesuaikan dengan tanganmu. Terbuat dari bahan polyester wax cord yang nyaman dan tidak membuat gatal pada kulit.

Baca juga : 5 Rekomendasi Model Gelang Serut Kekinian

Nah, itulah beberapa cara mudah membuat gelang dari tali yang bisa kamu coba sendiri di rumah dan kreasikan sesuai keinginanmu! Bisa juga ZALORAns dapatkan gelang tali yang unik dan menarik hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai aksesoris gelang tali model menarik dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama