Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Zalora dan Cara Mengatasinya

Belanja online menjadi opsi yang diminati saat ini. Karena memberi kenyamanan untuk membeli produk yang dibutuhkan dengan mudah. Apalagi mendekati musim belanja akhir tahun, banyaknya penawaran harga yang kompetitif membuat belanja online semakin menarik dan menguntungkan.

Namun, belakangan ini ditemukan oknum tidak bertanggung jawab melakukan penipuan yang berhubungan dengan belanja online atau e-commerce, misal berkaitan dengan komisi affiliate, penawaran pekerjaan online, investasi palsu, dan model penipuan lainnya melalui media sosial mengatasnamakan perusahaan. Salah satunya pun menggunakan nama ZALORA untuk mengelabui korban. 

Hal ini menjadi pengingat untuk berhati-hati, karena siapapun dapat menjadi korban.

Ciri-Ciri Penipuan

Beberapa ciri penipuan yang beredar yaitu:

  1. Menawarkan pekerjaan mudah untuk mendapatkan komisi yang mengharuskan transfer sejumlah uang
  2. Memberikan promo atau hadiah melalui link palsu
  3. Menghubungi melalui email atau nomor telepon yang tidak resmi namun mengatasnamakan ZALORA

Contoh Skema Penipuan

Marketing Director ZALORA Indonesia, Standie Nagadi mengatakan “Kami mengimbau agar pelanggan selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan terutama mengatasnamakan ZALORA. Kami pastikan bahwa tidak ada data pribadi pelanggan ZALORA yang tersebar. Mohon perhatikan bahwa ZALORA tidak akan meminta informasi pribadi, rincian sensitif, atau mengharuskan pembayaran dilakukan di luar platform kami.

Jika ZALORAns telah memberikan informasi pribadi Anda atau melakukan pembayaran ke rekening yang tidak sah, kami menyarankan Anda untuk menghubungi pihak bank atau platform pembayaran yang digunakan, dan segera mengajukan laporan ke pihak yang berwenang.”

Tips 3P Atasi Penipuan

Untuk mengantisipasi penipuan yang mengatasnamakan ZALORA, pelanggan setia ZALORA harus waspada. Berikut tip “3P” dari ZALORA mencegah penipuan:

  1. Perhatikan pengirimnya

Semua informasi terkait program ZALORA hanya dibagikan melalui e-mail, website/aplikasi, nomor telepon, dan media sosial resmi ZALORA.

  1. Pelajari pesannya

ZALORA tidak akan meminta informasi pribadi, detail sensitif, atau meminta bayaran dalam bentuk apapun di luar platform ZALORA.

  1. Pastikan ke Customer Service ZALORA

Apabila ada hal yang mencurigakan ataupun memiliki pertanyaan, segera hubungi team Customer Service ZALORA di customer@id.zalora.com atau chat dari aplikasi/ website ZALORA untuk cek kebenarannya.

Sebagai tambahan, untuk melindungi diri dari penipuan jangan klik tautan apapun yang diberikan oleh nomor/email yang tidak resmi, dan jangan memberikan data pribadi (username/password) dari akun manapun yang Anda miliki. Lalu, jangan meneruskan (forward) pesan karena dapat menambah korban. Perlu diingat untuk tidak melakukan pembayaran ke rekening apapun yang tertera di pesan.

Semua transaksi ZALORA hanya terjadi di dalam aplikasi/website resmi ZALORA dan ZALORA tidak bertanggung jawab apabila terdapat kerugian dari penipuan yang mengatasnamakan ZALORA tersebut. Langkah terakhir, blokir nomor telepon dan segera laporkan nomor tersebut sebagai spam / penipuan.

ZALORA memastikan bahwa tidak ada data pribadi pelanggan yang tersebar. ZALORA sangat mengutamakan perlindungan data pribadi pelanggan. Himbauan ini  dibuat untuk memastikan bahwa seluruh pelanggan ZALORA mengetahui adanya insiden penipuan di media sosial dan untuk senantiasa waspada. 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap terkait program-program ZALORA, berikut adalah tautan resmi yang dapat Anda telusuri: 

Lowongan Karir Resmi: www.zalora.co.id/careers 

ZALORA Referral Program: www.zalora.co.id/influencer 

Apabila ada yang mencurigakan segera hubungi tim Customer Service ZALORA melalui email: customer@id.zalora.com atau chat dari aplikasi/ website ZALORA