Tips Cara Mencuci Sepatu Suede yang Benar

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Sepatu berbahan suede dikenal dengan teksturnya yang lembut dan tampilannya yang elegan. Suede terbuat dari bagian dalam kulit hewan yang diolah dengan teknik khusus, sehingga memiliki permukaan yang halus dan sedikit berbulu. Sepatu berbahan suede sering dipilih karena tampilannya yang mewah namun tetap casual..

Namun, bahan suede ini juga lebih sensitif dibandingkan dengan kulit biasa, terutama terhadap air, noda, dan debu lho! Karena itu, perawatannya harus ekstra hati-hati. Dengan perawatan yang baik, sepatu suede bisa tetap awet dan terlihat baru lebih lama.

Bagaimana sih cara membersihkan sepatu berbahan suede ini? Yuk, intip beberapa tips cara mencuci sepatu suede yang tepat agar tetap tahan lama berikut ini!

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

Tutorial Cara Mencuci Sepatu Suede

1. Membiarkan Sepatu yang Kotor Hingga Kering

Biarkan sepatu yang kotor hingga benar-benar kering sebelum membersihkannya. Jika sepatu terkena lumpur atau kotoran basah, jangan buru-buru membersihkannya saat masih lembab. Biarkan sepatu mengering secara alami, jauh dari sinar matahari langsung atau sumber panas seperti hair dryer, karena bisa merusak bahan suede.

Namun, cara ini tidak berlaku bila sepatu terkena noda cair yang berwarna seperti kopi. Maka, sepatu tersebut harus segera dibersihkan saat masih dalam keadaan basah dengan menggunakan kain untuk menyerap cairan berwarna tersebut.

2. Menggunakan Sikat Khusus Sepatu Suede

Mencuci sepatu berbahan suede butuh perhatian ekstra karena bahannya yang sensitif. Gunakanlah sikat khusus sepatu suede. Langkah pertama, siapkan sikat dengan bulu halus yang didesain khusus untuk membersihkan suede tanpa merusak teksturnya. Mulailah dengan menyikat permukaan sepatu secara perlahan dan dengan gerakan satu arah untuk mengangkat debu dan kotoran. 

Jika ada noda yang membandel, gunakan sedikit air pada bagian yang kotor, lalu sikat perlahan hingga noda memudar, tapi hati-hati jangan terlalu basah karena suede bisa rusak. Setelah dibersihkan, biarkan sepatu mengering di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. 

Beberapa sikat suede memiliki dua sisi, yaitu sisi untuk menghapus bekas dan noda. Lalu, ada juga sisi satunya untuk membangkitkan rambut-rambut halus suede yang tertidur.

3. Bersihkan dengan Pembersih Khusus Suede

Kalau ZALORAns mau mencuci sepatu berbahan suede, pastikan untuk menggunakan pembersih khusus suede seperti Kiwi Suede dan Nubuck Cleaner, biar bahannya nggak rusak. Siapkan pembersih yang dirancang khusus untuk suede. Lalu sebelum itu, sikat permukaan sepatu dengan sikat suede secara perlahan untuk menghilangkan debu dan kotoran. 

Setelah itu, oleskan atau semprotkan pembersih suede di area yang kotor, tapi jangan sampai sepatu terlalu basah. Gunakan kain lembut untuk membersihkan noda dengan perlahan, cukup tepuk-tepuk saja tanpa menggosok terlalu keras. Terakhir, angin-anginkan sepatu sampai kering. 

Perlu diperhatikan, beberapa pembersih ada yang meninggalkan sedikit warna pada sepatu. Jadi, ZALORAns perlu mengujinya terlebih dahulu pada sedikit area suede untuk memeriksa kelekatan warnanya. Sesuaikan dengan petunjuk tentang pembersih itu sendiri, karena biasanya setiap pembersih punya petunjuk penggunaannya masing-masing. Lalu, ZALORAns tetap harus mengelapnya dengan kain bersih.

4. Gunakan Penghapus untuk Noda Membandel

Source: ZALORA

Kalau sepatu berbahan suede kamu terkena noda membandel, jangan khawatir! ZALORAns bisa mengatasinya dengan penghapus pensil. Bila noda sulit dihilangkan dengan menggunakan sikat, ZALORAns bisa mencoba memakai penghapus pensil.

Gosok noda tersebut secara perlahan menggunakan penghapus dengan gerakan searah. Ingat, jangan terlalu keras agar bahan suede tetap aman. Gosok sedikit lebih keras bila noda masih sulit dihilangkan. 

5. Gunakan Spons atau Lap Bersih

Source: ZALORA

Mencuci sepatu berbahan suede nggak bisa sembarangan, karena bahan ini sensitif terhadap air dan mudah rusak. Gunakanlah spons atau lap bersih, lalu basahi spons atau lap dengan sedikit air, kemudian peras. Pastikan hanya lembab, bukan basah.

Kemudian, usapkan secara perlahan pada bagian yang kotor dengan gerakan memutar. Hindari terlalu banyak air agar tidak merusak suede. 

6. Semprotkan Pelindung Suede

Source: ZALORA

Salah satu langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyemprotkan pelindung suede sesudah mencuci. 

Setelah membersihkan sepatu berbahan suede hingga kering, semprotkan pelindung suede secara merata ke seluruh bagian sepatu, hindari bagian solnya. Hal ini berguna untuk menjaga kualitas dan penampilan sepatu. Sehingga, sepatu suede kamu tetap terawat deh!

Baca juga : Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Tidak Menguning

Rekomendasi Sepatu Berbahan Suede Trendy

1. Birkenstock Bend Low Suede

Source: ZALORA

Sepatu berbahan suede dari Birkenstock ini didesain dengan fokus pada kenyamanan, sehingga sepatu suede tidak hanya sekadar menarik. Suede yang digunakan Birkenstock berkualitas tinggi, tahan lama, dan mudah dirawat, sehingga ZALORAns bisa tampil stylish!

2. Nike Court Legacy Suede Sneakers

Source: ZALORA

Lifestyle sneakers dari Nike dengan desain low top klasik yang ikonik. Sneakers ini punya desain yang trendy, membuatnya mudah dipadukan dengan berbagai outfit, mulai dari jeans, celana pendek, hingga dress santai. 

Kenyamanan adalah salah satu keunggulan utama dari sneakers ini. Sepatu ini memberikan dukungan yang baik untuk kaki, sehingga ZALORAns bisa menggunakannya seharian tanpa merasa lelah. Sneakers Nike ini bisa jadi statement dalam setiap penampilanmu!

3. Soho Green Suede Loafers

Source: ZALORA

Loafers simple dari koleksi Soho ini didesain dengan model versatile untuk melengkapi outfit sehari-hari kamu. Desainnya yang minimalis dan elegan membuat loafers ini mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya, mulai dari casual hingga semi-formal.

Terbuat dari bahan berkualitas, loafers ini memberikan kenyamanan saat dipakai seharian, cocok untuk aktivitas di kantor atau hanya sekedar hangout santai dengan teman.

4. Clarks Torhill Hi Men’s Boot – Black Suede

Source: ZALORA

Profil yang terinspirasi dari arsip Torhill Hi meminjam elemen desain dari dua sepatu klasik Clarks. Ada Wallabee yang ikonik dan Big Gripper yang lahir di tahun 90-an. Dengan desain bertali yang ramping dari yang pertama dan sol TR yang sangat tebal dari yang terakhir. Siluet ini menjadi alternatif yang cerdas dan casual untuk sepatu kets saat musim dingin.

Dengan estetika vintage yang hebat dan fitur kenyamanan kontemporer yang lebih hebat lagi. Sepatu ini menggunakan alas kaki Contour Cushion yang dapat dilepas untuk menopang setiap langkah dengan dukungan yang empuk.

Baca juga : Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat Tanpa Matahari

Nah, itulah beberapa cara mencuci sepatu berbahan suede yang perlu kamu perhatikan agar sepatu suede kamu tahan lama. 

Mau cari berbagai koleksi sepatu yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama