Cara Pembuatan dan Ragam Desain Ecoprint 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ecoprint adalah teknik pewarnaan kain yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan daun, bunga, dan tumbuhan alami untuk menciptakan motif unik dan artistik. Proses ini menggunakan pewarna alami dari tumbuhan yang langsung dipindahkan ke kain melalui teknik penekanan dan pemanasan. Sehingga menghasilkan pola yang beragam. 

Selain mendukung keberlanjutan lingkungan, ecoprint juga menawarkan keindahan yang natural dan autentik. Setiap hasil ecoprint bersifat unik karena pola dan warna yang dihasilkan dipengaruhi oleh jenis dan kondisi tanaman. Menjadikannya pilihan tepat bagi pecinta fashion yang peduli akan lingkungan dan estetika natural. Biasanya kain ecoprint dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian, tas, dompet, syal, dan lain sebagainya.

Buat ZALORAns yang ingin tahu seperti apa cara pembuatan dan desain ecoprint yang menarik, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga : Bahan Tencel Karakteristik dan Kelebihannya

Cara Pembuatan Ecoprint

Dalam pembuatan ecoprint, alat dan bahan yang perlu ZALORAns persiapkan sebagai berikut:

  1. Kain dengan serat alami, seperti katun, sutera atau kanvas
  2. Daun-daunan atau bunga
  3. Air cuka
  4. Palu
  5. Campuran air tawas
  6. Pipa paralon
  7. Tali
  8. Panci untuk mengukus

Untuk teknik yang bisa ZALORAns coba ada dua teknik, sebagai berikut:

1. Teknik Iron Blanket

  1. Rendam kain dalam air tawas selama 10 menit. Perendaman ini bertujuan agar pewarna dapat lebih tahan lama.
  2. Rendam daun-daunan dan bunga dalam larutan cuka untuk mengoptimalkan pelepasan tanin atau zat warna pada daun.
  3. Letakkan kain yang telah direndam di atas permukaan meja
  4. Tempelkan daun-daunan dan bunga sesuai dengan seleramu
  5. Jangan lupa meletakkan tulang daun dengan posisi di bawah kain.
  6. Gulung kain bersama daun-daunan dan bunga menggunakan pipa paralon.
  7. Ikat dengan tali.
  8. Kukus selama 2 jam.
  9. Angkat dan bentangkan kain ecoprint di atas meja
  10. Lepaskan daun-daunan dan bunga dari kain dengan hati-hati.
  11. Jemur kain ecoprint hingga kering.
  12. Kain ecoprint sudah jadi deh dan bisa dijahit menjadi berbagai produk kerajinan.

2. Teknik Pounding

  1. Bentangkan kain di atas meja.
  2. Tempelkan daun-daunan dan bunga diatas kain.
  3. Pukul perlahan menggunakan palu hingga warna daun dan bunga menempel pada kain.
  4. Angkat daun-daunan dan bunga perlahan.
  5. Jemur kain hingga kering.
  6. Rendam kain dalam campuran air tawas.
  7. Jemur kain hingga kering.
  8. Kain ecoprint sudah selesai dibuat.

Baca juga : 10 Kerajinan Unik dan Kreatif dari Barang Bekas

Ragam Desain Ecoprint

1. Pola Daun Abstrak

Desain ini memanfaatkan keindahan alami daun yang ditata secara bebas untuk menciptakan pola yang tidak beraturan atau abstrak namun menarik. Teknik pewarnaan ini menggunakan proses alami, dimana warna dan bentuk daun ditransfer langsung ke kain.

Hasilnya adalah motif yang orisinal dengan bentuk, ukuran, dan warna berbeda, serta penuh nuansa alam. Pola abstrak ini yang selalu membuat kejutan baru karena motifnya selalu berbeda dan berkesan. 

2. Motif Kayu Alami

Desain ecoprint yang menggunakan daun-daun tertentu, seperti daun jati, daun ketapang, atau daun maple dapat menghasilkan motif menyerupai serat kayu. Motif kayu ini memberikan detail yang unik dan menarik. 

3. Corak Bunga Romantis

Pemilihan desain ecoprint dengan corak bunga romantis menggabungkan keindahan alami bunga dengan teknik yang memanfaatkan pewarna dari bahan organik. Corak bunga pada ecoprint menciptakan kesan lembut dan feminin. Dengan nuansa warna yang natural seperti pastel, merah muda, dan ungu. 

4. Desain Batik Etnik

Desain batik ecoprint tentunya memberikan tampilan baru pada desain batik sendiri. Karena motifnya dihasilkan dari daun, bunga, dan elemen tumbuhan lainnya yang dicetak langsung ke kain, menciptakan pola organik yang unik. Warna alami dari tumbuhan memberikan palet warna yang lembut namun tetap berkarakter.

5. Motif Daun Geometris

Motif daun geometris dihasilkan dari daun yang disusun secara teratur atau simetris pada media percetakan. Dengan teknik ini, daun-daun dipilih dan ditempatkan sedemikian rupa, sehingga membentuk pola geometris yang harmonis dan simetris.

Hasilnya adalah motif yang tidak hanya artistik, tetapi juga memiliki kesan modern dan rapi. 

6. Peta Bentuk Alam

Daun-daun dan tumbuhan yang disusun sedemikian rupa juga bisa menghasilkan desain yang unik menyerupai peta bentuk alam lho! Seperti pegunungan, sungai, dan lembah. 

7. Kolase Botani

Teknik ecoprint ini memanfaatkan daun, bunga, dan tumbuhan lain sebagai media cetak, menghasilkan pola unik dan organik yang merefleksikan keanekaragaman flora. Kolase Botani menggabungkan warna-warna alami yang lembut dengan corak yang terinspirasi oleh keindahan flora.

Memberikan sentuhan elegan dan ramah lingkungan pada setiap karya. Setiap potongan merupakan hasil perpaduan antara seni dan alam

8. Pola Daun Ikat

Proses ini dilakukan dengan cara mengikat daun-daun tertentu pada bahan sebelum perebusan, sehingga menciptakan pola daun ikat yang khas dan artistik. Selama perebusan, zat warna alami dari daun akan meresap ke dalam serat kain, meninggalkan jejak yang unik dan tidak dapat diprediksi. Teknik ini mampu menghasilkan desain yang menarik.

Baca juga : Inspirasi Mix and Match Earth Tone Outfit

Rekomendasi Kain Hasil Ecoprint

1. Ecoprint Jumpsuit by Eugeneffectes

Source: ZALORA

Koleksi ecoprint jumpsuit dari Eugeneffectes ini begitu unik karena dibuat dengan proses material handmade. Menggunakan teknik ecoprint, sehingga detail motifnya pun menjadi daya tarik tersendiri. Didesain untuk memberikan kenyamanan dengan bahan yang lembut dan breathable, jumpsuit ini cocok dipakai sehari-hari. 

Dilengkapi pula dengan detail tali yang bisa disesuaikan panjang pendeknya, membuatnya fleksibel dan mudah disesuaikan sesuai dengan keinginan. Jumpsuit ini bisa menjadi pilihan tepat untuk ZALORAns yang pengen tampilan casual yang fashionable.

2. Hijab Premium Square Bahan Voal Ecoprint by Alerinamuslim

Source: ZALORA

Hijab scarf segi empat ini hadir dengan detail motif ecoprint yang memberikan kesan classy dan elegan. Motif yang diusung pada hijab ini adalah motif daun pada setiap permukaannya. Hijab segi empat ini terbuat dari material voal yang tidak transparan, menjadikan hijab ini tetap ringan dan nyaman dipakai sepanjang hari. Pada bagian tepi hijabnya memiliki detail laser cut yang membuat hijab ini terlihat lebih menarik. 

Dengan tekstur yang lembut dan tidak stretch, hijab ini juga mudah dibentuk dan cocok untuk berbagai style hijab. Sehingga, sempurna untuk melengkapi tampilan berhijab yang simple. Tersedia dalam beberapa pilihan warna yaitu, pink, dark brown, lavender, dan cream. Mix and match dengan atasan polos, biar hijabmu yang menjadi statement menarik pada penampilanmu!

Baca juga : Inspirasi Model Baju dari Koran yang Simple

Nah, itulah cara pembuatan ecoprint dan beberapa desain ecoprint yang menarik untuk dijadikan sebagai ide kamu! 

Mau cari berbagai pakaian trendy dan berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama